Kebiasaan Ini Adalah Penyebab Sakit Ginjal yang Sering Disepelekan

Penyebab sakit ginjal – Umumnya, ginjal berjumlah dua buah. Keduanya adalah organ penting untuk tubuh kita. Ginjal berbentuk seperti kacang, masing-masing ginjal seukuran kepalan tangan, terletak persis di bawah tulang rusuk di setiap sisi tulang belakang. Setiap hari, ginjal menyaring sekitar 120-150 liter urin, limbah dan cairan berlebih untuk mencegah penumpukan sampah di tubuh. Ginjal menjaga kadar elektrolit tetap stabil dan menghasilkan hormon yang membantu mengatur tekanan darah, membuat sel darah merah dan menjaga tulang tetap kuat.

Penyebab Sakit Ginjal

Penyebab Sakit Ginjal

sumber gambar : kompas.com

Mengapa ginjal menjadi sangat penting? Itu karena ginjal sangat penting untuk menjaga agar semua organ tetap berjalan dengan lancar. Penyebab sakit ginjal seringkali tidak diketahui, jadi penting untuk melakukan tindakan pencegahan untuk memastikan kesehatan ginjal. Inilah daftar sepuluh kebiasaan umum yang mungkin tidak Kamu sadari telah memberi banyak tekanan pada ginjalmu dan bisa menyebabkan kerusakan ginjal yang serius seiring berjalannya waktu.

1. Kurang Minum Air

Salah satu fungsi penting ginjal adalah menyaring darah dan membuang racun yang bisa membahayakan tubuh. Kalau Kamu kurang minum air, toksin dan bahan yang seharusnya dibuang akan menumpuk, hal tersebut tentunya akan menimbulkan kerusakan parah bagi tubuh.

2. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Garam

Terkadang, beberapa orang ingin merasakan garam yang lebih pada makanannya. Faktanya, tubuh memang membutuhkan sodium untuk bekerja dengan baik, namun kelebihan sodium bisa menyebabkan kerusakan. Kebanyakan orang mengkonsumsi terlalu banyak garam sehingga dapat menaikkan tekanan darah dan memberi tekanan pada ginjal.

3. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula

Penyebab sakit ginjal karena gula

sumber gambar: samishare.com

Sama dengan kasus pada garam. Studi telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi dua atau lebih minuman manis sehari cenderung memiliki lebih banyak protein dalam air kencing mereka. Protein dalam urin adalah tanda awal bahwa ginjal tidak melakukan pekerjaan mereka dengan benar.

4. Menahan Kencing

Ini mungkin terdengar aneh, tapi hampir semua orang melakukannya. Kebiasaan menahan kencing ini sering terjadi saat naik mobil, di tengah panggilan telepon, atau saat tidak ada kamar mandi di dekatnya. Sering menahan kencing dapat meningkatkan tekanan pada tubuh. Hal tersebut berpotensi menimbulkan gagal ginjal dan batu ginjal. Maka dari itu, saat terasa ingin kencing, maka segeralah keluarkan, jangan ditahan-tahan.

5. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Mengonsumsi makanan sehat penting untuk kesehatan, termasuk fungsi ginjal. Vitamin B6 dan magnesium adalah zat yang baik untuk ginjal.

Baca juga : Bahaya Vape

6. Terlalu Banyak Minum Kopi

sumber gambar : nationalgeographic.co.id

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan memberi tekanan ekstra pada ginjal, seperti halnya garam. Seiring waktu, konsumsi kopi berlebih (atau konsumsi kafein) dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

7.  Terlalu Banyak Mengkonsumsi Protein Hewani

Mengkonsumsi kelebihan protein hewani (terutama daging merah) meningkatkan beban metabolik pada ginjal. Semakin banyak protein hewani yang dikonsumsi, semakin sulit ginjal bekerja, yang dapat menyebabkan stres dan menyebabkan kerusakan ginjal.

8. Kurang Tidur

Kurangnya tidur biasanya berdampak pada banyak masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit ginjal. Tubuh bekerja saat tidur untuk memperbaiki jaringan ginjal yang mungkin rusak. Kurang tidur akan membuat ginjal yang rusak menjadi sulit untuk diperbaiki.

9. Menyalahgunakan Obat Penghilang Rasa Sakit

Beberapa resep obat biasanya diambil untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri tanpa mempedulikan efek samping yang berbahaya yang mungkin timbul. Penggunaan berlebihan atau penyalahgunaan obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan hati yang parah.

10. Minum Alkohol

Kebanyakan orang menikmati segelas anggur atau bir di sana-sini, Namun, tahukah kamu bahwa meminum alkohol dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal?. Alkohol dapat menjadi penyebab sakit ginjal karena memberi tekanan pada ginjal dan hati. Maka dari itu, hindari dan berhentilah untuk meminum alkohol.

Itulah penyebab sakit ginjal yang perlu Kamu ketahui. Adakah dari poin-poin di atas yang merupakan kebiasaanmu? Jika ada, ayo perbaiki kebiasaan untuk menjaga ginjalmu. Mari sayangi ginjalmu.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply