Cara Meningkatkan Daya Ingat dengan 10 Kebiasaan Ini

Cara meningkatkan daya ingat – Kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan ternyata mampu meningkatkan daya ingat. Namun, kebiasaan yang salah, malah akan berdampak sebaliknya. Bekerja dengan kebiasaan yang salah dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan otak. Salah satu dampak buruknya adalah menurunnya daya ingat seseorang.

Penyebab Menurunnya Daya Ingat

  • Penyebab terbesar menurunnya daya ingat adalah tidak terorganisirnya waktu yang dikerjakan. Orang yang mempunyai terlalu banyak pekerjaan sehingga tidak mengerjakan schedule hariannya dengan baik akan mengalami kebingungan sehingga menurunkan daya ingatnya.
  • Kebiasaan meminum pil tidur juga menurunkan kinerja otak.
  • Depresi dapat mengirimkan sinyal negatif ke otak. Hal tersebut menjadikan depresi menjadi salah satu penyebab menurunnya daya ingat.
  • Anda suka marah-marah? Marah dapat membuat diri menjadi lebih cepat bingung dan menurunkan kemampuan dalam mengingat sesuatu.
  • Alkohol dan narkoba. Nah, yang satu ini tentunya harus dihindari. Banyak sekali dampak buruk dari penggunaan alkohol dan narkoba. Salah satunya adalah dapat menurunkan daya ingat dan melemahkan kinerja otak.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Jika kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat menurunkan kemampuan mengingat sesuatu, maka ada pula kebiasaan-kebiasaan yang dapat meningkatkannya. Berikut cara meningkatkan daya ingat dengan mengubah kebiasan-kebiasaan sederhana:

1. Memakan makanan yang sehat

Cara meningkatkan daya ingat dengan makan makanan sehat

sumber: ahlinyapenyakitjantung.web.id

Cara meningkatkan daya ingat yang pertama adalah dengan memakan makanan yang bergizi. Otak kita membutuhkan zat bergizi yang didapatkan dari makanan sehat seperti buah dan sayur-sayuran.

Makanan-makanan hijau seperti brokoli harus ditambahkan dalam menu harianmu. Meminum susu juga mampu menambah konsentrasi dan meningkatkan kemampuan otak.

Tentunya kita tau bahwa 80% otak kita terdiri dari air. Maka dari itu, meminum 8 gelas air setiap hari juga dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Teh juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Teh memiliki sedikit kafein yang meningkatkan kemampuan otak. Siapkan satu gelas teh untukmu setiap hari.

 

2. Menulis

cara meningkatkan daya ingat dengan menulis

sumber: huffingtonpost.com

Tulis schedule harianmu dan patuhi itu. Kebiasaan menulis dan mengikuti schedule tersebut akan membuat otak menjadi terbiasa untuk terorganisir.

Kamu bisa memulainya dengan menulis apa saja yang harus dilakukan dalam satu hari. Dengan begitu, otak akan mengingat apa yang Kamu tulis sebelumnya.

Menulis time schedule juga dapat memaksa otak untuk berpikir terorganisir. Perencanaan adalah hal yang penting untuk hari-harimu.

 

3. Tidur yang Cukup

cara meningkatkan daya ingat dengan tidur

sumber: huffingtonpost.com

Tidur tidak hanya berbicara tentang kuantitasnya yang lama. Namun juga kualitas dari tidur itu sendiri. Tidur yang baik adalah tidur 7-8 jam per harinya. Tidur dengan waktu yang cukup, dapat merelaksasi otak sehingga lebih mudah menangkap informasi.

Tahukah kamu? Saat tidur Kamu bisa mendapatkan ide yang baru. Pengetahuan dan informasi dapat diolah lebih baik saat Kamu tertidur. Jadi, cobalah disiplin dengan waktu tidurmu ya.

4. Mendalami Suatu Keahlian

cara meningkatkan daya ingat dengan menambah keahlian

sumber: irscom.com

Studi menunjukkan bahwa jika Kamu sudah tertarik dengan suatu keahlian atau hobby dan mendalaminya, hal tersebut bisa menolongmu untuk memaksimalkan kemampuan otak.

Kamu bisa memulai dari seperti apa hobimu? Menulis, olahraga, membaca, dan hoby menarik lainnya. Sediakan 1-2 jam dari waktu berhargamu untuk menekuni hobi tersebut.

 

5. Belajar Sebelum Tidur

Cara meningkatkan daya ingat dengan belajar sebelum tidur

sumber: gmprivat.com

Cara terbaik untuk mengembalikan ingatan yang sebelumnya hilang adalah mengulas kembali pelajaran sebelum Kamu tidur.

Beberapa saat sebelum tidur, tidak akan ada lagi informasi baru yang dapat mengganggu otakmu. Hal tersebut dapat membuatmu fokus untuk mengulas kembali informasi yang telah kamu dapatkan sebelumnya. Cara ini juga sangat bermanfaat agar Kamu mengingat informasi saat bangun di pagi harinya.

 

6. Berolahraga

cara meningkatkan daya ingat dngan berolahraga

sumber: gudangkesehatan.com

Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, olahraga ternyata juga sangat berguna bagi otak. Study menunjukkan bahwa otak membutuhkan asupan yang cukup. Untuk memberikan asupan ke otak, tentunya membutuhkan aliran darah yang lancar. Tentu saja kita tahu bahwa berolahraga secara rutin dapat melancarkan peredaran darah.

Kamu bisa memilih olahraga ringan apa saja yang kamu senangi. Sama seperti yang kita bahas sebelumnya pada artikel cara meningkatkan kreativitas, lakukanlah olahraga yang ringan namun rutin. Seperti berlari-lari kecil di pagi atau sore hari.

 

7. Bermain Games yang Mengasah Kemampuan Otak

cara meningkatkan daya ingat dengan main game

sumber: winpoin.com

Bermain games juga salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif. Tentunya games yang dapat dimainkan adalah permainan yang mengasah otak.

Cobalah untuk mengasah otakmu sesekali dengan game puzzle. Bagaimana dengan game online? Tentu saja bisa jika game tersebut juga memerlukan strategi-strategi tertentu yang dapat mengasah otakmu.

Dengan bermain game yang mengasah otak, maka otakmu akan terbiasa untuk fokus dan tetap sibuk. Dengan begitu, daya ingat akan meningkat.

Baca Juga: Bahaya vape bagi kesehatan

8. Bermeditasi

cara meningkatkan daya ingat dengan meditasi

sumber: gunadarma.ac.id

Meditasi dapat menumbuhkan pikiran positif dalam dirimu. Selain itu, meditasi juga dapat meningkatkan kemampuan untuk belajar, meningkatkan daya ingat, dan berguna bagi kesehatan mental.

Kamu harus terbiasa untuk bermeditasi secara rutin. Relaksasikan otakmu dengan bermeditasi. Dengan begitu, kamu akan semakin percaya diri untuk mengingat sesuatu.

 

9. Hindari Multitasking

cara meningkatkan daya ingat dengan menghindari multitasking

sumber: psychologytoday.com

Sama dengan tips pada artikel cara meningkatkan kreativitas. Untuk meningkatkan daya ingat, Kamu harus menghentikan kebiasaan mengerjakan banyak hal secara bersamaan.

Bekerja dengan cara multitasking dapat membuat otak menjadi sering kebingungan. Dengan otak yang bingung, peluang untuk lupa akan semakin besar.

Jika Kamu sedang memiliki pekerjaan yang sangat banyak, maka cobalah untuk mengerjakannya satu per satu. Cara tersebut dapat merangsang kemampuan otak secara penuh sehingga mudah untuk mengingat sesuatu.

 

10. Hilangkan Stress

cara meningkatkan kreativitas dengan menghilangkan stress

sumber: ww2.kqed.org

Stress adalah salah satu penyebab berbahaya akan turunnya daya ingat. Kapasitas otak dapat menurun dikarenakan stress. Dengan menurunnya kapasitas pada otak, maka Kamu dapat menjadi linglung dan sulit untuk mengingat sesuatu.

Untuk menciptakan lingkungan yang sehat pada pikiranmu, maka kamu harus melenyapkan stress terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan tidak terlalu banyak berharap pada hasil. Fokuslah pada proses yang sedang kamu kerjakan.

Sediakan pula waktu bersantai di sela-sela pekerjaanmu. Hal tersebut akan menolongmu untuk rileks sejenak. Bicaralah dengan orang-orang yang Kamu cintai. Dengan begitu, stress akan menurun.

Sesekali, tertawalah. Tertawa juga dapat menurunkan stress. Share pengalamanmu dengan orang-orang di sekitarmu, dan ciptakanlah obrolan yang santai. Dengan begitu, otak akan rileks dan kembali fresh saat mengingat sesuatu.

Leave a Reply