Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal

Cara menghitung berat badan ideal – Siapa yang tidak menginginkan tubuh ideal? Pernahkah kamu mendengar temanmu mengeluh karena merasa tubuhnya terlalu kurus atau bahkan terlalu gemuk? Beberapa orang mudah mengalami peningkatan berat badan padahal hanya mengonsumsi makanan sedikit lebih banyak dari biasanya. Ada pula yang berat badannya sulit sekali bertambah meskipun ia mengonsumsi lebih banyak dari biasanya. Hal ini disebabkan adanya perbedaan metabolisme pada diri masing-masing. Namun, kebanyakan orang ingin memiliki tubuh ideal hanya untuk keindahan pandangan semata. Tidak banyak yang tahu bahwa tubuh ideal memiliki banyak manfaat lebih dari sekedar good looking.

Baca juga : Cara Menggemukan Badan

Manfaat Tubuh Ideal

cara menghitung berat badan ideal

sumber gambar : noexcusebodymakeover.com

1. Mengurangi Resiko Kanker

Seorang wanita dengan obesitas memiliki peningkatan risiko terkena kanker, terutama kanker payudara, dibanding wanita yang tidak obesitas. Lemak pada tubuh akan menghasilkan lebih banyak ekstensi hormonal, sedangkan jika hormon meningkat, maka potensi tubuh mengalami beberapa penyakit serius akan lebih besar.

2. Menghindari penyakit jantung, diabetes dan kolestrol tinggi

Semakin banyak lemak di tubuh, semakin besar kemungkinan kamu terkena serangan jantung. Sementara itu, semakin gemuk tubuh seseorang, semakin besar kemungkinan terkena diabetes atau kolesterol tinggi.

3. Gigi menjadi lebih kuat dan lebih baik

Perlu kamu ketahui, bahwa menurunkan berat badan juga bisa membuat gigimu berwarna putih alami. Menurut penelitian yang dilakukan di Case Western Reserve University, orang yang memiliki berat badan lebih dan penyakit gusi akan lebih berisiko mengalami pembengkakan, pendarahan dan kemerahan dibandingkan orang yang memiliki berat badan ideal. Menurut para ahli, peradangan ini digerakkan oleh sel-sel lemak yang ada pada tubuh. Oleh sebab itu, senyummu akan lebih indah bila berat badanmu ideal.

4. Pikiran yang lebih terkonsentrasi

Percayalah, pikiranmu akan berkurang tingkat ketajamannya saat kamu mengalami kenaikan berat badan. Menurut penelitian, orang yang kelebihan berat badan akan menjadi sulit dalam melakukan perencanaan dan pengambilan keputusan, dibandingkan mereka yang memiliki berat badan ideal.

5. Bebas stres

Satu studi mengungkapkan temuan bahwa 25% wanita yang mengalami obesitas memiliki gangguan mood. Hal ini disebabkan oleh adanya kenaikan berat badan yang drastis serta aktivitas tubuh yang lebih rendah yang mereka lakukan, yangberpengaruh terhadap tingkat depresi

6. Bebas beraktivitas

Memiliki kelebihan berat badan tentu akan mencegah segudang aktivitas menyenangkan. Kegiatan bermain dengan si kecil serta orang-orang tercinta bisa terganggu karena fisik cepat lelah  yang disebabkan oleh kelebihan berat badan. Dengan memiliki berat badan yang ideal, tubuh akan cenderung lebih berenergi.

Baca juga: Cara meningkatkan kreativitas

7. Hidup hemat

Tanpa disadari, penyebab obesitas adalah pola makan yang buruk. Seseorang cenderung menikmati semua makanan tanpa memperhatikan kandungan makanan dan dampak makanan tersebut bagi tubuh. Cobalah untuk mengendalikan keinginan dalam hal makanan. Dengan begitu, kita bisa lebih efisien dan kita bisa menyisihkan dana untuk pembelian makanan ke hal lain yang lebih dibutuhkan.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

BMI (Body Mass Index) atau IMT (Index Massa Tubuh)

Body Mass Index (BMI) adalah statistik yang dikembangkan oleh Adolphe Quetelet pada tahun 1900 untuk mengevaluasi massa tubuh pada seseorang. BMI merupakan tolak ukur yang digunakan untuk melihat nilai proporsionalitas perbandingan antara berat dengan tinggi seseorang.  Tolok ukut ini sering digunakan para dokter untuk menilai seseorang dalam keadaan obesitas, terlalu kurus atau ideal. BMI yang rendah mengartikan bahwa berat badanmu di bawah normal.  Dapat mengindikasikan kamu kurang sehat, karena asupan kalori harianmu lebih rendah dari kebutuhan yang sebenarnya. Perlu diketahui bahwa setiap orang dapat menghitung sendiri nilai BMI-nya masing-masing dengan rumus sederhana di bawah ini.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal (BMI) atau Index Massa Tubuh:

Contoh kasus:

Kamu memiliki berat badan 45 Kg dengan tinggi 156 cm, berapakah nilai BMI-mu? Maka yang pertama kamu lakukan adalah mengubah satuan tinggi badan dari centimeter (cm) menjadi meter (m), dengan demikian tinggimu sama dengan 1.56 m. Setelah itu, kamu perlu menguadratkan tinggi badanmu tersebut, sehingga:

 

Maka didapatkan nilai BMI kamu adalah 19.22. Apa arti dari nilai BMI 19.22? Kamu perlu melihat acuan WHO tahun 2004 tentang klasifikasi nilai BMI.

Setelah mengacu pada tabel, kamu dapat mengetahui bahwa nilai bmi  19.22 berarti normal atau ideal. Setelah kamu bisa menghitung BMI, kamu dapat megetahui keadaan tubuhmu sendiri serta dapat mengontrolnya.

Semangat memiliki tubuh ideal, Dear!

Leave a Reply