Perlengkapan dalam Memotong Hewan Qurban yang Sering Dilewatkan

 

Daging memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh kita. Daging sapi misalnya, merupakan sumber protein, zinc, dan vitamin B yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Terutama daging merah yang merupakan sumber vitamin B12 yang baik untuk kesehatan kulit, system saraf, dan sebagainya.

Kita sudah membahas tentang cara menyimpan daging qurban agar tahan lama. Nah kali ini, kita akan membahas tentang cara sehat saat menyembelihnya. Menyembelih hewan qurban juga memerlukan peralatan yang lengkap agar daging hewan qurban tersebut tetap sehat dan aman di makan. Cara ini kami kutip dari JIC (Jakarta Islamic Center) yang menerapkan qurban dengan system HACCP.

HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) atau analisa bahaya dan pengendalian titik kritis adalah suatu pendekatan ilmiah, rasional dan sistematik untuk mengidentifikasi, mengevaluasi dan mengendalikan bahaya selama produksi, processing, manufacturing, penyiapan dan penggunaan.

Kasus-kasus keracunan makanan dari daging masih sering terjadi. Penyebabnya terutama karena kontaminasi mikroba yang berasal dari manusia. Ini menunjukkan buruknya hygiene dalam proses produksi daging. Berikut peralatan yang harus dilengkapi oleh para petugas pemotongan hewan qurban saat akan melaksanakan pemotongan:

1. Masker

Masker berfungsi untuk melindungi daging dari bakteri yang berasal dari mulut. Hal ini diperlukan untuk menjaga-jaga jika petugas qurban bersin atau batuk saat mengolah daging hewan qurban.

2. Sepatu Booth

Sepatu Booth berfungsi untuk melindungi kaki petugas agar tidak terkena darah dari hewan qurban yang akan diolah.

3. Penutup Kepala

Beberapa orang mudah mengalami kerontokan rambut. Nah, penutup kepala ini berfungsi untuk mencegah rambut rontok ke daging hewan yang diolah.

4. Sarung Tangan

Kita mengetahui bahwa banyak sekali kegiatan yang kita lakukan menggunakan tangan. Hal tersebut membuka kesempatan bagi bakteri untuk menempel pada tangan. Oleh karena itu, memakai sarung tangan menjadi penting untuk mencegah bakteri yang ada pada tangan menempel pada daging.

 

Nah, itu dia perlengkapan yang penting untuk dipakai petugas pemotongan hewan qurban. Ditempatmu sudah lengkap belum? Jangan lupa ingatkan petugas pemotongan hewan qurban di sekitarmu yaa.

Leave a Reply