cara menghentikan kebiasaan menggigit kuku pada anak

Nomor 5 Bikin Gemes! Ternyata Ini yang Perlu Dilakukan Kalau Anak Sering Menggigit Kukunya!

Sumber: pusathipnoterapi.wordpress.com

Terkadang sebagai orang tua sering kali merasa cemas bila ada tindakan yang tidak wajar dari si Kecil, Menggigit kuku salah satunya. Tenang Bunda, hal ini dapat diatasi lho. Jangan terlalu khawatir bila Si Kecil melakukan ini. ada beberapa faktor yang memengaruhi yaitu bosan, penghilang setres saat gugup, juga kebiasaan. Ada beberapa hal yang bisa Bunda terapkan pada Si Kecil untuk mengatasi kebiasaan ini.

1 Memperingatkannya dengan Lembut

Sumber: ibuycarz.com

Meskipun tidak suka dengan apa yang dilakukan si kecil, tidak sebaiknya bunda memperingatkan dengan keras. ingatkan si kecil dengan cara yang lain, misalnya “Sayang, gigit buah saja ya, kan lebih enak buah” atau “hayo… kok digigit lagi? Kemarin kan sudah Bunda nasihati, lupa ya Nak?”. Selain memberi rasa nyaman, anak-anak justru akan sembunyi dari pengawasan Bunda, bukan justru menghilangkan kebiasaan buruknya. Saat bunda tidak berada di sampingnya, justru menjadi kesempatan emas bagi Si Kecil.

 

2 Rutin Memotong Kuku Si Kecil

Sumber: http://www.bearhug.id

Tanpa kita sadari, terkadang justru panjangnya kuku Si Kecil yang membuatnya tertarik. Rasa ingin tahunya mendorong Si Kecil makin tertarik. kalau sudah seperti ini, Bunda jangan sampai sampai lupa memotong kuku Si Kecil dengan rutin ya Bun.

 

3 Membiasakan Mencuci Tangan pada Si Kecil

Sumber: CaraMedis.com

Meski sudah dipotong, tidak ada yang menjamin bahwa kuku si kecil sudah bebas dan aman dari penyakit. Berbagai macam kuman bisa hinggap di kuku si kecil lho. membiasakan cuci tangan adalah cara mengatasinya. Bunda juga bisa menambahkan sabun antiseptic yang tentunya aman bagi kulit Si Kecil yang masih sensitif.

 

4 Sabar Menunggu

Sumber: http://health.liputan6.com

Sabar. Kata yang mudah sekali diucap namun seringkali lalai kita dalam pengerjaannya. Bunda, saat lelah menghadapi keunikan Si Kecil, yang perlu Bunda ingat adalah bahwa dahulu Bunda juga pernah menjadi seorang anak kecil yang memiliki keunikan tersendiri. Bila Si Kecil masih tetap menggigit kukunya, cara selanjutnya adalah menuunggu. Sampai kapan? Sampai Si Kecil tidak lagi tertarik untuk menggigit kukunya. Tentu ada persyaratan dalam hal ini, terutama bila menurut bunda kebiasaan tidak berdampak buruk pada kesehatan Si Kecil . Namun bila Si Kecil memperlihatkan gejala-gejala membahayakan seperti keracunan, Bunda tentu wajib waspada dan segera membawanya ke dokter.

5 Menggunakan Sarung Tangan pada Si Kecil

Sumber: id.aliexpress.com

Bunda, menghukum tidak harus menggunakan cara kekerasan bukan? Si Kecil yang ‘ngeyel’┬ábisa bunda “hukum” dengan cara menggunakannya sarung tangan dengan motif lucu. Bunda bisa pilih sarung tangan dengan warna dan motif atau karakter yang disukai si kecil. Jangan lupa beli lebih dari satu pasang agar saat dicuci, masih ada sarung tangan cadangan. Dengan motif yang disukainya, biasanya si kecil justru tidak mau melepasnya.

 

Nah, itu dia cara mengatasi Si Kecil yang sering menggigit kuku. Mulai sekarang Bunda tidak perlu khawatir lagi. Bila Bunda masih khawatir akan kebiasaan yang satu ini, Bunda bisa membawanya ke psikiater, bukan dokter. Sebab, menggigit kuku bukanlah penyakit medis melainkan psikis. Pada tahapan apa Bunda harus membawa Si Kecil ke psikiater? Yaitu bila Si Kecil sudah mulai mengigit jarinya hingga kulit terkelupas, menggigit temannya atau bahkan menggigiti hewan peliharaan. Jadi, jangan disepelekan ya Bunda.

 

 

1

No Responses

Write a response